luhut-binsar-panjaitan

Luhut: Semua Masalah Terkait Reklamasi Beres

September 14, 2016
240 Views

Jakarta, (MAnews) – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa semua syarat untuk melanjutkan reklamasi pantai utara di Jakarta beres dan bisa dipenuhi pengembang. Termasuk di dalamnya adalah dokumen Amdal.

“Semua sampai sekarang sudah beres. Amdal sudah. Mungkin ada beberapa surat yang harus mereka selesaikan saya rasa selesai dalam beberapa waktu ke depan,” kata Luhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, sebelumnya menyebut proses reklamasi bisa langsung dimulai kembali bila pengembang melakukan perubahan dokumen lingkungan. Luhut meyakini pengembang bisa memenuhi syarat tersebut.

“Semua persyaratan yang diminta KLH kepada pengembang untuk dipenuhi itu mereka penuhi sesuai jadwal yang ada,” jelasnya.

Pemerintah pusat dan Pemprov DKI menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi nelayan yang selama ini melaut di pantai utara Jakarta. Meski begitu, kini para nelayan tidak bisa lagi melaut di lokasi yang sama.

“Memang di daerah itu tidak bisa melaut lagi karena itu sudah tercemar dari dulu. Jadi mereka akan melaut 10-12 km dari tempat sekarang. Bahkan mereka ada yang sudah di Natuna sekarang,” ungkap Luhut

Sebelumnya, Menteri Siti mengatakan bahwa beberapa item yang wajib dipenuhi sudah dikerjakan oleh para pengembang dan tersisa beberapa item lagi yang masih dalam proses. Siti menegaskan, untuk kembali melanjutkan proses reklamasi, maka harus ada perubahan dokumen lingkungan.

“Beberapa item kewajiban oleh pengembang sudah ditaati, tapi ada beberapa item yang belum dilengkapi sehingga sanksi belum bisa dicabut sekarang. Harus dilakukan perubahan dokumen lingkungan,” kata Siti kepada MATA ANGIN NEWS MULTIMEDIA, Rabu (14/9).(RF/DLL)

Facebook Comments
FacebookTwitterGoogle+LinkedIn

Leave A Comment